Mengenal SINTA, Aplikasi Publikasi Jurnal Ilmiah Kemenristek

Penulis adam

Kementerian Riset dan Teknologi atau biasa disingkat Kemenristek menciptakan sebuah aplikasi bernama SINTA. Mengutip dari web resmi pemerintah Indonesia SINTA (Science and Technology Index) berisi soal pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) antara lain kinerja peneliti, jurnal, institusi IPTEK, dan penulis jurnal.
Selain mengukur kinerja IPTEK, SINTA juga menjadi alat pengindeks internasional sebagai arsip jurnal, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya. Berdasarkan juga pada Indonesia.go.id SINTA tak sama dengan portal pengindeks seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesian Publication Index (IPI), dan Indonesia Science and Technology Index (Inasti).

SINTA memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Citation (indeks dalam setahun untuk Google Scholar dan Scopus), Networking (mengetahui siapa saja yang pernah bekerja sama), dan Research Output (jurnal, artikel, buku yang telah dipublikasikan), dan Score (melihat indeks di Scopus, Google Scholar, dan Inasti).

SINTA sendiri baru diluncurkan pada 30 Desember 2017 oleh Kemenristek. SINTA berfungsi sebagai wadah hasil penelitian untuk dipublikasikan secara online. Dengan kehadiran SINTA ini dapat diharapkan para peneliti maupun dosen dapat berkontribusi dalam menambah jurnal atau karya ilmiah yang dibuat.

Jika ingin menggunakan SINTA cukup dengan membuat akun berisi data diri dan melampirkan karya yang telah dipublikasikan. Berikut adalah syarat dan ketentuan pembuatan SINTA berdasarkan web resmi pemerintah:

Membuka halaman sinta2.ristekdikti.go.id;

Langkah selanjutnya, klik pada menu Registration;

Anda akan diminta mengisi data-data seperti status (lecturer atau dosen), NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional, nama lengkap, universitas tempat Anda bekerja, jabatan saat ini, nomor KTP, alamat email, password, dan Google Scholar URL;

Disarankan menggunakan alamat email resmi yang terdaftar di universitas;

Sertakan URL Google Scholar dari jurnal atau karya ilmiah yang telah Anda publikasi;

Masukkan juga link Scopus jika Anda telah mengunggah karya ilmiah atau jurnal bereputasi;

Kemudian klik Register;

Buka alamat email yang Anda daftarkan tadi. SINTA akan mengirimi Anda pesan yang berisi tautan;

Aktivasi akun Anda dengan mengeklik tautan yang diberikan pada email tersebut;

Selanjutnya, Anda bisa log in untuk masuk ke akun Anda;

Setelah akun SINTA Anda aktif, seluruh aktivitas akademik Anda bisa terintegrasi dalam satu database dari Kemenristek.

BACA JUGA

Leave a Comment