Tingkatkan Layanan Pelanggan, PDAM Intan Banjar Pakai Aplikasi dan IoT

Penulis redaksi

Reporter: Miroji

Editor: Teguh Imam S

PDAM Intan Banjar, Kalimantan Selatan terus meningkatkan pelayanannya bagi masyarakat terkait penyediaan air bersih dan air minum. Termasuk dengan optimalisasi pemanfaatan sistem IoT dan sistem informasi.

“Kami bertekad menjadikan PDAM Intan Banjar sebagai perusahaan daerah air minum yang terbaik. Untuk itu kami melaksanakan pengolahan dan pendistribusian air minum secara berkelanjutan berbasis teknologi informasi, salah satunya dengan mengoptimalkan sistem IoT dan sistem informasi,” ujar Syaiful Anwar, S.AP, M.AP, Direktur  Utama PDAM Intan Banjar dalam Penjurian ajang TOP DIGITAL Awards 2020 secara online, Kamis (26/11/2020).

PDAM Intan Banjar berdiri tahun 1982 dan berdasarkan Perda No. 1/2006 melayani 2 wilayah, yaitu Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

PDAM Intan Banjar dalam Penjurian ajang TOP DIGITAL Awards 2020 secara online, Kamis (26/11/2020). (Dokumentasi IT Works)

Aplikasi Informasi PDAM Intan Banjar

Menurut Anwar, saat ini, PDAM Intan Banjar memiliki dua solusi unggulan yang digunakan untuk memberikan layanan dan operasional PDAM.

Pertama, aplikasi Informasi PDAM Intan Banjar. Aplikasi ini disediakan untuk memberikan informasi-informasi terkait PDAM Intan Banjar kepada pelanggan dan masyarakat Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

Aplikasi ini punya sejumlah fitur: pengaduan kebocoran, info loket pembayaran, berita seputar PDAM Intan Banjar, pendaftaran sambungan baru, proses pemasangan dan info tagihan dan pembayaran.

“Sistem informasi berbasis android ini sudah diimplementasikan sejak tahun 2017. Hal ini bermanfaat dalam memberikan image positif perusahaan dalam memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan,” ujar Syaiful Anwar

Selain itu juga untuk mempermudah penyampaian informasi PDAM ke pelanggan dan mempercepat proses pengaduan pelanggan.

Sistem IoT Logger

Solusi unggulan lainnya, Sistem IoT Logger. Sistem ini  untuk mengetahui tekanan air di jaringan perpipaan dan tekanan pompa secara realtime.

“Sistem IoT Logger dapat memberikan data pendukung untuk menganalisa tingkat kebocoran dan gangguan distribusi air kepelanggan, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan oleh PDAM,” sambung Syaiful.

Kepada dewan juri, ia memaparkan manfaat Sistem IoT Logger yang telah dikembangkan Tim IT PDAM Intan Banjar.

“Pertama, memudahkan pengendalian tekanan (pressure management).”

“Dengan IoT Logger ini, kami lebih mudah mengendalikan tingkat kehilangan air.”

“Manfaat berikutnya, kontinuitas aliran air termonitor dan terkendali selama 24 jam.”

“Juga mempermudah dalam memperkirakan besarnya titik kebocoran sehingga dapat ditemukan latar belakang penyebab kebocoran tersebut.”

“Terakhir, jaringan tekanan pipa kami dapat terpantau selama 24 jam.”

Syaiful menegaskan untuk meningkatkan pelayanan, ia dan seluruh pegawai mendukung semua inovasi dan perkembangan TI di PDAM Intan Banjar.

Baca: PDAM Intan Banjar Gunakan Teknologi IoT untuk Deteksi Tekanan Distribusi

Baca: TOP DIGITAL Awards 2019: PDAM Intan Banjar Implementasikan Sistem IoT Monitoring

BACA JUGA

Leave a Comment