Penulis: Miroji
Editor: Teguh IS.
Perumda Air Minum Among Tirto, Badan Usaha Milik Pemerintah Daerah Kota Batu di bidang penyediaan air bersih, memiliki visi Prima dalam pelayanan serta pengelolaan air yang berkelanjutan menuju Kota Batu Gemah Ripah Lohjinawi.
Dalam memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat, Perumdam Among Tirto terus berinovasi dan selalu meningkatkan pelayanan yang maksimal dan profesional.
“Salah satu misi kami yaitu menerapkan sistem pelayanan prima yang berbasis Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi yang handal,” ujar Eka Tejawati selaku Kabag Keuangan Perumdam Among Tirto saat presentasi Penjurian TOP Digital Awards 2022 secara daring, Jum’at, 04 November 2022.
TOP Digital Awards adalah ajang pembelajaran dan penghargaan bidang TI tingkat nasional, diselenggarakan majalah It Works sejak tahun 2016 bekerjasama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga konsultan TI dan Telco. Tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2022 ini adalah “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government.”
Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai dewan juri yaitu Melani K. Harriman, Agnes Theres, dan Muhammad Jumadi.
Inovasi Digital Unggulan
“Kami terus melakukan inovasi-inovasi baru yang disesuaikan dengan perkembangan perusahaan dan kebutuhan pelanggan,” tutur Eka Tejawati kepada dewan juri TOP Digital Awards 2022.
Salah satu inovasi digital yang sangat memudahkan bagi masyarakat atau pelanggan yaitu PRAKTIS atau Kasir Keliling berbasis android.
Menggunakan aplikasi ini pelanggan tidak perlu lagi datang ke kantor Perumda Air Minum Among Tirto untuk melakukan pembayaran dan mendapatkan informasi.
“Bagi perusahaan, selain memberikan kemudahan pelayanan pelanggan juga dapat mempercepat dan menambah pendapatan perusahaan,” jelas Eka Tejawati.
Inovasi digital berikutnya, aplikasi SAPA Pelanggan berbasis android. Pelanggan tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan kegiatan administrasi. Di dalam aplikasi untuk pelanggan ini terdapat fitur untuk Pengaduan, Pasang Baru, Cek Tagihan, dan Ilustrasi Tarif.
Inovasi untuk pelanggan berikutnya yaitu, SEHATI (Sistem Hitung Akurat dan Informatif) merupakan Sistem Baca Meter berbasis android.
Kemudian, Catat Meter Mandiri, aplikasi android untuk pelanggan jika akan mencatat meter secara mandiri.
Lebih lanjut, Eka Tejawati memaparkan aplikasi untuk mendukung operasional perusahaan, “SIBANYU, Sistem Aplikasi Penunjang Kegiatan Internal berbasis Web Based.”
WORK ORDER yaitu sistem aplikasi tugas dan pelaporan kegiatan sehari-hari.
KPI (Key Performance Indicator), Sistem Informasi Penilaian Pegawai.
PANTAU (Monitoring Direktur), aplikasi berbasis android untuk memonitoring keuangan dan perkembangan pelanggan.
Aplikasi Gudang, program untuk update stok keluar dan masuk pipa serta asesorisnya.
Baca: Lintasarta Dukung Implementasi Smart City di Kota Batu