VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat dalam keterangannya, 29/12/2022, mengatakan Smartfren sukses mengantisipasi naiknya lalu lintas (traffic) yang terjadi di Hari Raya Natal 2022 dan terus memberikan layanan terbaiknya untuk pelanggan.
Selama perayaan Natal 2022, peningkatan lalu lintas internet Smartfren mengalami lonjakan sekitar 4 persen dibandingkan pada lalu lintas internet harian.
Smartfren juga mencatat sejumlah aktivitas digital semakin meningkat dan berkontribusi pada lonjakan lalu lintas internet yang terjadi di momen perayaan Natal tahun ini.
Kontribusi terbesar dalam kenaikan lalu lintas internet tersebut berupa meningkatnya akses media sosial seperti TikTok, YouTube, Facebook dan WhatsApp yang bervariasi antara 5 persen hingga 10 persen.
Agus menegaskan usai Hari Raya Natal 2022, Smartfren akan terus menjaga jaringan tersebut untuk mengantisipasi potensi terjadinya lonjakan lalu lintas internet ketika perayaan Tahun Baru 2023, mengingat potensi terjadinya titik keramaian di berbagai objek wisata di Jabodetabek, maupun kota-kota lainnya.
Ia menambahkan, selain antisipasi untuk perayaan hari besar, Smartfren juga secara konsisten dan rutin melakukan optimasi jaringan sehingga pelanggan dapat semakin nyaman menikmati layanan internet untuk membuka berbagai peluang digital.
Menurut Agus pihaknya telah menyiapkan teknologi mutakhir yang secara fleksibel dapat mengelola kapasitas dan jaringan yang dibutuhkan di satu titik ketika terjadi lonjakan akses internet.
“Selain itu Smartfren juga senantiasa menyiagakan Network Operations Center (NOC) dan tim khusus yang memantau kondisi jaringan selama 24 jam,” tutupnya.
Baca: Smartfren Telecom Perkuat Platform Infrastruktur Digital untuk Terus Tumbuh