PT Angkasa Pura II (Persero) meningkatkan pelayanan dan fasilitas di Bandara Soekarno Hatta dengan menggelar digitalisasi dengan memanfaatkan data dan kecerdasan buatan.
Digitalisasi AP II meliputi tiga program, yakni CX (Customer Exploration), OX (Operational Exploration) dan DX (Digital Exploration).
“Untuk mengakselerasi digitalisasi di Bandara Soekarno-Hatta, AP II pada 18 Agustus 2023 meresmikan terbentuknya Tim Advanced Data Analytics & ArtificiaI Intelligence for Data Driven Decision,” kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 19/08/2023.
Sejalan dengan transformasi digital AP II, lanjutnya, pengumpulan data dapat dilakukan dengan baik untuk diproses dan dianalisis dengan teknologi advanced data analytics dan AI sehingga mendatangkan informasi secara cepat dengan tingkat ketepatan sangat tinggi.
“Sehingga membantu Bandara Soekarno-Hatta untuk mengambil keputusan secara cepat dan tepat untuk terus meningkatkan standar,” harap Awaluddin.
Tim tersebut akan fokus pada tipe-tipe data tertentu guna melakukan 3 analisis, yakni Traffic Movement Analytics, Passenger Sentiment Analytics dan Customer Behavior Analytics.
Traffic Movement Analytics, Bandara Soekarno-Hatta dapat beroperasi lebih efisien yang akan sangat berdampak positif bagi pemangku kepentingan termasuk maskapai, serta juga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang berdasarkan data perjalanan yang ada.
Passenger Sentiment Analytics mengeksplorasi apa saja prioritas yang harus dihadirkan untuk layanan, operasional dan peningkatan fasilitas bagi penumpang pesawat.
Customer Behavior Analytics digunakan untuk mengetahui preferensi pelanggan atau traveler dalam aspek komersial, misalnya tenant apa yang sering dikunjungi pelanggan saat berada di bandara.
Diharapkan upaya AP II dalam melibatkan advanced data analytics dan AI ini turut berkontribusi dalam meningkatkan daya saing sektor kebandarudaraan nasional.
Baca juga: Angkasa Pura II Manjakan Pemudik dengan Layanan Digital