ItWorks
  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

Pemerintah Dorong JIPPNas Media Sharing Inovasi Layanan Publik

Churry
14 September 2023
rubrik: E-Gov
Pemerintah Dorong JIPPNas Media Sharing Inovasi Layanan Publik
Share on FacebookShare on Twitter

ItWorks- Dalam rangka akselerasi implementasi e-government untuk meningkatkan layanan masyarakat yang lebih baik, Pemerintah Pusat mendorong Daerah untuk memanfaatkan aplikasi Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNas) sebagai media sharing dan transfer pengetahuan terkait inovasi-inovasi pelayanan public.

Demikian disampaikan Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Ajib Rakhmawanto dalam acara FGD Validasi Pemutakhiran Data Inovasi dan Refleksi Pembina Inovasi Pelayanan Publik, di Kota Makassar, (12/09), sebagaimana dirilis Humas KemenPANRB, baru-baru ini.

“Tidak berhenti pada proses penciptaan inovasi, Kementerian PANRB juga melakukan pengembangan inovasi dengan menyusun strategi penyebarluasan inovasi pelayanan publik melalui metode pembentukan Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) dan membangun JIPPNas.” katanya.

Kedua metode tersebut merupakan langkah strategi untuk mendorong transfer pengetahuan inovasi pelayanan publik yang lebih efektif, cepat, dan mudah dilaksanakan. Tidak kalah penting dari penciptaan dan pengembangan inovasi pihaknya juga mendorong bagaimana inovasi pelanyanan publik ini bisa dilembagakan.

Pelembagaan inovasi pelayanan publik dapat dilakukan dengan menjadikan inovasi sebagai program dan kegiatan prioritas secara rutin dalam setiap tahunnya. Disamping itu kontrak kinerja dan regulasi perlu dibuat guna menciptakan inovasi pelayanan publik secara berkelanjutan pada setiap instansi. Dengan adanya pola seperti ini diharapkan akan tumbuh budaya inovasi dilingkungan instansi pemerintah.

Aplikasi JIPPNas

Dalam kesempatan itu, Ajib Rakhmawanto menjelaskan bahwa JIPPNas adalah merupakan website atau aplikasi yang menyediakan data inovasi pelayanan publik secara terintegrasi terkait praktek terbaik penyelenggaraan pelayanan sebagai knowledge management system yang mudah diakses, dipelajari, direplikasi. Sebagai langkah awal JIPPNas ini akan dikelola secara bersama-sama oleh Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, dan Lembaga Administrasi Negara. Namun demikian kedepannya JIPPNas ini akan dikelola bersama-sama dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

“Sebagai sebuah portal knowledge management system, JIPPNAS menyediakan berbagai informasi terkait dengan inovasi pelayanan publik, seperti berita, panduan, dan direktori inovasi,” ucapnya.

Adapun data awal inovasi pelayanan publik dalam JIPPNas ini bersumber dari Kementerian PANRB hasil Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), Kementerian Dalam Negeri dari Innovation Government Award (IGA), dan Lembaga Administrasi Negara dari Laboratorium Inovasi (LABINOV) yang berjumlah 2.928 inovasi pelayanan publik. Dari jumlah data inovasi tersebut tentunya sebelum dimasukan ke dalam JIPPNas, perlu dimutahirkan dan divalidasi untuk memastikan bahwa data inovasi tersebut masih eksis berjalan dengan baik.

Melalui JIPPNas diharapkan kedepannya dapat mendorong dan meningkatkan mengembangkan inovasi pelayanan publik yang lebih luas, sehingga inovasi pelayanan publik akan lebih mudah disebarluaskan.
Dalam kesempatan yang sama Officer Program USAID ERAT Ernawati menyampaikan bahwa inovasi yang dimiliki pemerintah daerah sudah sangat banyak, saat ini tinggal bagaimana inovasi tersebut bisa ditularkan, direplikasi atau di adaptasi oleh daerah lain. Tujuannya agar bisa mempercepat peningkatan pelayanan publik maupun peningkatan tata kelola pemerintahan.

“Kami mendukung kerja kolaborasi antara kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dengan mengembangkan repositori inovasi pelayanan publik atau semacam gudang inovasi atau bank inovasi. Kerja kolaborasi ini telah berhasil mengumpulkan inovasi dari kurang lebih lima tahun terakhir hampir mencapai 3.000an yakni 2.928 inovasi pelayanan publik,” jelasnya.

Melalui validasi ini diharapkan akan menghasilkan inovasi-inovasi yang memang sudah siap untuk bisa ditularkan atau direplikasi ke daerah lain. JIPPNas nantinya akan menjadi media bagi daerah untuk bisa belajar dari inovasi daerah lain, kemudian untuk menyelesaikan suatu persoalan didaerah, bagaimana mencari solusinya, salah satunya bisa melalui inovasi yang sudah ada di JIPPNas. (AC)

Tags: Inovasi Layanan Publik
Previous Post

Kiat Membangun Strategi Pemasaran Global dengan Bantuan AI

Next Post

Layanan VSAT Star Telkomsat Perkuat Konektivitas Digital di Papua Pegunungan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERPOPULER

  • Mempersiapkan Masa Depan UKM dan Startup Digital dengan Investasi Teknologi yang Tepat

    Cara Mudah Mengurus Surat Pindah Domisili secara Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Halodoc Berikan Layanan Konsultasi Gratis

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Smartfren Hadirkan Paket Gaul Merdeka, Cuma Rp17 Ribu dapat Kuota 8GB

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 4 Fitur Ini Diklaim Bikin Gaming Makin Maksimal di Infinix GT 10 PRo

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni
iklan cover januari 2023

ICT PROFILE

Bapak Siaran Digital Nasional

Presiden Joko Widodo Mendapat Gelar “Bapak Siaran Digital Nasional”

Teguh Suyudi
15 August 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat gelar sebagai “Bapak Siaran Digital Nasional”. Penghargaan ini diberikan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) atas kontribusi...

Charles Sansbury, CEO Baru Cloudera

Charles Sansbury, CEO Baru Cloudera

Fauzi
4 August 2023

Cloudera, perusahaan data untuk enterprise AI, hari ini mengumumkan penunjukan Charles Sansbury sebagai Chief Executive Officer. "Dengan senang hati saya...

EXPERT

Melalui AICI, UMG Idealab Dukung Perkembangan AI di Indonesia

AI Generatif: Bagaimana Penerapannya dalam Aplikasi Bisnis Saat Ini

Fauzi
14 September 2023

Oleh Adam Wealand, Principal Product Marketing Manager, Red Hat Kemajuan pesat kecerdasan buatan (AI) telah menciptakan perbatasan baru dalam inovasi...

Ilustrasi Asuransi

Evaluasilah Polis Asuransi Secara Berkala

Teguh Suyudi
10 September 2023

Mengapa nasabah perlu melakukan evaluasi polis asuransi yang digunakannya? Karena kebutuhan asuransi dapat bertambah seiring pertambahan usia, perubahan kondisi kesehatan,...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Digital
  • E-Gov
  • Event
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • ICT Profile
  • Expert
  • TIK Talks
  • More
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto