Asyik! Microsoft Teams Kini Tersedia untuk Personal

Penulis Fauzi

Sebagai langkah memperluas segmen penggunanya, Microsoft dikabarkan telah merilis Microsoft Teams versi personal.

Di sini Microsoft tidak mengubah nama Teams, juga tidak dimaksudkan untuk bersaing dengan aplikasi lain seperti iMessage, Facebook Messenger, WhatsApp, atau aplikasi olah pesan khusus lainnya. Sebaliknya, ini hanya memposisikan ulang aplikasi Microsoft Teams dengan fitur yang mungkin menarik bagi sekelompok orang yang ingin melakukan lebih dari sekedar obrolan.

Seperti dilansir The Verge, untuk tahap awal preview Microsoft Teams diluncurkan untuk perangkat iOS dan Android. Microsoft Teams untuk penggunaan pribadi akan mencakup dasar-dasar obrolan teks dan panggilan video, dikombinasikan dengan shared list, dokumen, kalender, dan berbagi lokasi.

Bahkan ada dasbor acara, lokasi, tugas, dan gambar rapi yang dibagikan oleh semua orang dalam grup. Microsoft nampaknya sedang mencoba untuk mengambil semua fitur terbaik dari Microsoft Teams untuk bekerja dan membuatnya relevan ketika pengguna membutuhkannya di rumah.

Microsoft memandang reposisi Teams untuk pekerjaan dan kehidupan tidak hanya menawarkan aplikasi obrolan lain ke pasar, tetapi juga sesuatu yang menyediakan cara bagi kelompok orang untuk menyelesaikan sesuatu, seperti merencanakan liburan dengan teman dan aktivitas keluarga.

“Saya pikir jika yang ingin Anda lakukan hanyalah mengobrol dengan seseorang, ada banyak aplikasi obrolan mandiri yang hebat,” kata Liat Ben-Zur, seorang eksekutif di Microsoft yang bekerja pada inisiatif perusahaan ‘Microsoft Life’, seperti dilansir The Verge.

Lebih lanjut Ben-Zur mengatakan Microsoft Teams kini sedang dirancang untuk ‘orang-orang yang mendapati diri mereka mengkoordinasi banyak jenis acara kelompok.

Microsoft Teams versi mobile untuk iOS dan Andorid akan di-update untuk mengizinkan siapa saja untuk masuk ke aplikasi dengan Microsoft Account pribadi. Pengguna akan dapat dengan cepat beralih di dalam aplikasi dari pekerjaan ke akun home dan menggunakan versi personal di samping apilkasi Office lainnya, seperti World, Excel, dan PowerPoint.

Microsoft juga telah mengembangkan fitur Safe (aman) ke dalam Teams untuk penggunaan personal, yang akan memungkinkan grup untuk menyimpan dan berbagi informasi seperti kata sandi Wi-Fi rumah atau inforamsi akun Netflix langsung dalam aplikasi Teams menggunakan otentikasi dua faktor dan enkripsi end-to-end. Singkatnya, hal tersebut dikatakan mirip seperti fitur OneDrive Personal Vault.

Microsoft Teams preview untuk personal akan mulai diluncurkan kemarin dan dalam beberapa minggu ke depan untuk Android dan iOS. Microsoft juga berencana untuk merilis fitur tambahan dalam preview berdasarkan umpan balik sebelum memperluas ke versi desktop dan web Teams dengan peluncuran tahun ini. (Fauzi)

BACA JUGA

Leave a Comment