Jakarta, ItWorks- Dalam upaya meningkatkan kinerja, khususnya di jajaran manajemen, kesekretariatan dan juga kepaniteraan, Pengadilan Agama (PA) Jakarta Barat juga telah melakukan transformasi digital dengan membangun dan menerapkan sistem aplikasi layanan berbasis teknologi digital. Bahkan beberapa inovasi sistem aplikasi, berhasil menghantarkan Pengadilan Agama Jakarta Barat meraih berbagai penghargaan hingga tingkat nasional.
Sesuai degan salah satu misinya “Memberikan Pelayanan Hukum Yang Berkeadilan Kepada Pencari Keadilan”, Pengadilan Agama Jakarta Barat juga terus melakukan inovasi layanan, di antaranya melalui transformasi digital, sekaligus sebagai komitmen dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE diatur dalam Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018, sebagai sistem untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemudahan dan kecepatan layanan masyarakat.
Saat ini, terdapat sistem aplikasi digital yang menjadi andalan, di antaranya aplikasi Sipendekar, Kukirim Sinora, Silva, Portal Layanan Disabilitas. Aplikasi Sipendekar merupakan sistem aplikasi layanan yang memungkinkan untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar berperkara pada Pengadilan Agama Jakarta Barat. Aplikasi Kukirim Sinora, menyajikan informasi perkembangan perkara dan memungkinkan untuk menjawab dan mengetahui perkembangan perkara pada Pengadilan Agama Jakarta Barat. Sedangkan aplikasi Silva menyajikan layanan informasi berbentuk audiovisual yang dilengkapi dengan video bahasa isyarat. Adapun portal Layanan Disabilitas, memudahkan akses bagi para disabilitas atau keluarganya untuk mengajukan permohonan untuk bantuan atau layanan khusus.
“Aplikasi SIPENDEKAR, SINORA, SILVA, PORTAL LAYANAN DISABILITAS telah berhasil mengantarkan Pengadilan Agama Jakarta Barat memperoleh Peringkat I Penerima Anugerah sebagai Pengadilan Terbaik dalam Survei Kepuasan Masyarakat. Peringkat III Pengadilan Terbaik dalam Pelaksanaan Keterbukaan Informasi, dan Penyelenggara Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Terbaik Tahun 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (KemenPANRB),” ungkap Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Muhammad Razali, S.Ag., S.H., M.H., dalam sesi wawancara Penjurian “TOP Digital Awards 2024”, yang dilakukan (24/10/2024) secara dari melalui aplikasi zoom meeting.
Turut hadir dalam wawancara pnjurian, di antaranya Bagian Humas, Drs. Aminuddin, Panitera, Sajidan, S.Ag., M.H., Sekretaris, Sudarman, S.Ag., M.H., para Panitera Muda dan Kepala Sub Bagian serta Tim IT di Ruang Media Center PA Jakarta Barat. Tahun ini, PA Jakarta Barat untuk pertama kalinya masuk nominasi sebagai salah satu kandidat untuk meraih “TOP Digital Awards 2024”.
Prestasi membanggakan ini diraih taklepas dari keberhasilan dalam transformasi digital yang dijalankannya guna memudahkan akses layanan masyarakat mendapat keadilan. Sesuai tuga dan fungsi, Pengadilan Agama berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara di bidang: Perkawinan, Kewarisan, ekonomi syariah, Wasiat, Hibah, Wakaf, Zakat, Infaq, dan Shadaqah.
Terkait transformasi digital ini, PA Jakarta telah memiliki IT masterplan dan juga IT governance atau tatakelola IT pengembangannya. Pada tahun ini, PA Jakarta Barat di antaranya tengah mengupayakan sistem integrasi aplikasi dengan lembaga lain, serta pengembangan aplikasi mobile untuk masyarakat. “Sebelummya kami juga sudah mengimplementasikan e-office dan juga penguatan infrastruktur jaringan untuk implementasi Basis Data Terintegrasi,”ujar Kepala PA Jakbar, Muhammad Razali, didampingi timnya dengan membawakan materi presentasi berjudul “Transformasi Digital Untuk Solusi Masa Depan”.
PA Jakbar juga telah mengimplementasikan aplikasi e-Court. Dasar hukum dalam pelaksanaan e-Court adalah Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan secara Elektronik. E-Court adalah sebuah instrumen Pengadilan sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat dalam hal pendaftaran perkara secara online, taksiran panjar biaya secara elektronik, pembayaran panjar biaya secara online, pemanggilan secara online dan persidangan secara online mengirim dokumen persidangan berupa replik, duplik dan sebagainya.
Layanan ini dihadirkan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keterjangkauan dan kualitas pelayanan hukum bagi masyarakat. Dengan aplikasi digital ini, masyarakat bisa mendapat kemudahan dalam mengakses berbagai layanan pengadilan, seperti pengecekan status perkara, pengajuan berkas, dan konsultasi hukum. Juga menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam berkomunikasi untuk berbagai kebutuhan informasi dengan lebih mudah. Dengan demikian, layanan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi masyarakat yang membutuhkan akses keadilan.
TOP Digital Awards merupakan kegiatan corporate rating (penilaian) dan juga kegiatan pembelajaran bersama, sekaligus untuk pemberian penghargaan tahunan terbesar tingkat nasional yang diberikan kepada Perusahaan/Instansi yang dinilai berhasil dalam pemanfaatan Teknologi-Informatika, Telekomunikasi, dan Solusi Digital untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanan kepada pelanggan atau masyarakat.
Kegiatan ini diselenggarakan Majalah ItWorks sejak tahun 2016, didukung dan bekerja sama dengan sejumlah asosiasi, lembaga konsultan, serta pakar, di bidang TI-Telekomunikasi-Solusi Digital terkemuka di Tanah Air. Adapun tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2024 adalah “Business Solutions, Generative AI, and Cyber Security for Excellence Business and Services”. Sedangkan juri penilai terdiri Nurul Yakin Setiabudi (Indonesia Telecommunication User Group (IDTUG), Dr. Subandi (Akademisi Univeritas Budh Luhur & ICT Consulting), serta Ahmad Chury (MI Group). (AC)















Luar biasa PA Jakarta Barat