Untuk mewujudkan visi ‘Menjadi Perusahaan Asuransi No.1 yang Memanfaatkan Insure-Tech & Agensi TOP 15 dengan 500K Hanwha Friends’, Hanwha Life Insurance Indonesia terus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informatika (TI). Saat ini, 7 solusi bisnis jadi andalannya untuk keperluan internal maupun eksternal perusahaan, dengan CLounge sebagai unggulan.
Demikian disampaikan Manager IT Hanwha Life Insurance Indonesia, Eri Wahyudi dalam Wawancara Penjurian TOP Digital Awards 2024, Jumát, 1/11/2024. Ia pun memaparkan ketujuh solusi bisnis andalan perusahaan, yaitu:
eCommerce Web Portal, portal penjualan untuk inovasi produk-produk asuransi individu digital. Diimplementasikan mulai tahun 2024, dengan fitur unggulan: eSubmission dan Direct Payment Settlement. eCommerce Web Portal dihadirkan untuk meningkatkan penjualan produk asuransi individu digital dalam satu portal, yang sebelumnya terdiri dari beberapa portal di masing-masing produk.
Orange Topia, Mobile Application untuk pelanggan dan eksternal (non-customer) yang menggabungkan teknologi metaverse, life-style/sport dan loyalty. Diimplementasikan maulai tahun 2024, dengan fitur unggulan Metaverse, Move2Earn & Loyalty Redeem. Orange Topia dihadirkan untuk meningkatkan branding perusahaan, memberikan literasi financial sekaligus mengenalkan produk-produk yang dimiliki dengan konsep yang mengenal untuk para milenial.
Hanwha Smart, Mobile Application untuk membantu pelanggan lebih enggage terhadap perusahaan. Diimplementasikan mulai tahun 2018, dengan fitur unggulan: cek manfaat polis asuransi, pengingat pembayaran, claim submission, health care provider locator, claim status update. Hanwha Smart dihadirkan untuk memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengetahui informasi terkait Polis yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan retensi dan loyalty nasabah asuransi baik individu maupun kumpulan.
Bizportal, web portal bagi mitra kerja perusahaan, seperti: Bank, Broker, TPA, dan Vendor. Diimplementasikan mulai tahun 2024, dengan fitur unggulan: Partner Dashboard, E-submission, E-recruitment, Goods/ Merchandise Catalog (integrated with E-Procurement). Bizportal dihadirkan untuk memberikan kemudahan akses bagi mitra kerja perusahaan sehingga dapat meningkatkan hubungan kerja dan layanan.
OrangePlanner, Mobile Application penyedia sarana informasi lengkap untuk Agent Penjualan. Diimplementasikan mulai tahun 2023 dengan fitur unggulan: Digital Signature, E-submission, E-Form, Ringkasan pencapaian penjualan, daftar polis yang berhasil dijual, daftar dan update status penawaran yang sudah pernah dibuat, slip komisi, pencapaian produksi penjualan per agent. OrangePlanner dihadirkan untuk memberikan kemudahan dalam proses penjualan dengan fitur esubmission dan informasi ter-update bagi Agent Penjualan, sehingga potensi penjualan diharapkan akan lebih meningkat.
Hanwha Suite, web system yang digunakan untuk mendukung proses bisnis asuransi dan operasional di internal perusahaan termasuk proses reporting yang bersifat kustomisasi sebagai dasar pengambilan Keputusan Tingkat Atas. Diimplementasikan mulai tahun 2023 ini, dengan fitur unggulan: Central User Access Management, Document Scanning & Management, dan Report Generator. Hanwha Suite dihadirkan untuk mempermudah para pengambil keputusan guna mendapatkan data report sebagai referensi dalam monitoring dan pengambilan keputusan.
CLounge, web system yang digunakan untuk Document Internal Approval, eForm (transformasi manual internal form menjadi form elektronik) yang berbasis cloud. Diimplementasikan mulai tahun 2024, memiliki fitur unggulan: Dokumen dan Formulir digital dengan e-Approval. CLounge dihadirkan untuk mempermudah proses persetujuan atas dokumen-dokumen dan formilir internal yang sebelumnya manual menjadi berbasis online dan paperless.
Menurut Eri dari ketujuh inovasi teknologi tersebut, CLounge dengan fitur implementasi e-Approval untuk dokumen internal, menjadi solusi bisnis unggulan bahkan layak direkomendasikan ke perusahaan lain. Karena dengan proses approval yang diterapkan, ia berhasil meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam proses bisnis perusahaan.
Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa tahun ini, Hanwha Life tengah mempersiapkan implementasi teknologi berbasis AI yaitu chatbot untuk layanan pelanggan 24/7. Beberapa proses operasional akan mengimplementasikan layanan berbasis AI, seperti proses Automated Underwriting, dan Rekomendasi Produk berdasarkan data personalization.
Hanwha Life Insurance Indonesia juga sangat mengutamakan keamanan TI dengan telah mendapat sertifikasi ISO 27001. Selain itu, perusahaan telah menggunakan Firewall pada jaringan perusahaan dan melakukan penguatan lebih lanjut melalui solusi otomatisasi keamanan. Itu untuk mendukung keamanan TI dalam melindungi data pelanggan dan informasi sensitif lainnya.
Hanwha Life Insurance Indonesia memiliki aktivitas usaha Penyedia Produk dan Layanan Asuransi Jiwa untuk individu serta kelompok.
Digelar sejak tahun 2016, TOP Digital Awards adalah kegiatan pembelajaran bersama dan pemberian penghargaan kepada perusahaan/instansi pemerintah yang dinilai berhasil menerapkan TI untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanan kepada pelanggan atau masyarakat.
Diselenggarakan oleh Majalah It Works bekerja sama dengan sejumlah asosiasi/konsultan serta akademisi/pakar di bidang Teknologi Informatika (TI) terkemuka di Tanah Air, ajang ini bertujuan mendorong inovasi digital dan mempercepat transformasi digital di Indonesia. Tahun ini mengusung tema “Business Solutions, Generative AI, and Cyber Security for Excellence Business and Services.”
Editor: Teguh IS.