Reporter: Albarsyah
Editor: Teguh IS.
Citilink, maskapai penerbangan di bawah naungan Garuda Indonesia Group yang melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota, kembali menjadi kandidat peraih penghargaan di ajang TOP Digital Awards 2023. Dewan Juri memberi apresiasi pada strategi digital Citilink, dengan fokus pada People dan Technology, yang menjadi enabler strategi bisnisnya.
“Secara umum strategi bisnis kami yaitu melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dan regional melalui layanan premium low -cost carrier yang bebas kerumitan (hassle -free) dengan dibantu oleh teknologi digital, kehandalan yang tinggi dan keamanan penerbangan berstandar internasional serta sentuhan layanan bercirikan keramahtamahan Indonesia,” jelas Arief Adhi Sanjaya selaku Direktur Human Capital Citilink dalam sesi Penjurian TOP Digital Awards 2023, secara online, 02/11/2023.
Dalam kesempatan ini, Arief memaparkan bahwa di aspek Organisasi dan Budaya, untuk mendukung pencapaian target menjadi “The Most Hassle Airline” di tahun 2025, People dan Technology menjadi pilar utama yang terus dibangun dan dikembangkan di Citilink.
“Sehingga digitalisasi di berbagai aktivitas bisnis, baik yang berhubungan dengan customer internal maupun internal (karyawan), terus dikembangkan. Maka, peran karyawan TI sangat penting dalam membangun program digitalisasi tersebut yang sebagian besar dikerjakan secara inhouse development,” tutur Arief.
Untuk itu organisasi Divisi TI di Citilink di-design untuk memenuhi kebutuhan program digitalisasi tersebut dan pemenuhan karyawan TI dilakukan melalui proses rekrutmen yang ketat dan memperhatikan kualifikasi yang dibutuhkan.
Dalam rangka program retentions, lanjut Arief, perusahaan juga memberikan remunerasi serta benefit kepada karyawan yang cukup kompetitif serta memberikan berbagai pelatihan dan pengembangan untuk mendukung stándar kompetensi yang dibutuhkan.
Digitalisasi pengelolaan Human Capital juga dilakukan dengan mengintegrasikan proses sejak hiring hingga off boarding untuk mendukung efektifitas dan efisiensi, serta diharapkan mampu menumbuhkan Employee Experience. Di sampaing itu, manajemen juga selalu menekankan kepada setiap karyawan termasuk divisi TI untuk memeiliki dan selalu mengedepankan Culture Solution Minded, Custumer Oriented, Teamwork dan skilled/Well-Trained.
TOP Digital Awards merupakan kegiatan pembelajaran bersama sekaligus pemberian penghargaan tahunan tingkat nasional dengan peserta yang berasal dari korporasi, kementerian, lembaga, dan instansi.
Penghargaan TOP Digital Awards diberikan terkait pemanfaatan teknologi-informatika dan solusi digital untuk meningkatkan kinerja, daya saing, layanan kepada pelanggan dan masyarakat.
Ajang ini diselenggarakan Majalah It Works, sejak tahun 2016, bekerja sama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga konsultan TI dan Telco terkemuka di Tanah Air.
Tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2023 adalah “IT Governance and Cyber Security in Innovation of Business and Services”.
Bertindak selaku Dewan Juri: Ina Sawitri, Benyamin De Haan, Subandi, Muhamad Jumadi, Febrizal Effendi, Tesar Sandikapura, dan Ashari Abidin.
Dalam sesi Penjurian hadir Tim IT Citilink yaitu: Hafid Aulia, Head of IT Division; Alhar Anindito, Head of IT Business Solution Dept; Amru Rizaldy, Head of IT Product Solution Dept; Ario Isnadi, Head of IT System Operation; M. Zendra, Head of IT Information Security; Dimas Putra, Head of IT Governance; Syarief, Head of IT Data System Solution; dan Desra Gusnion, IT Program Control & Delivery.
Strategi Digital Citilink
Kepada Dewan Juri TOP Digital Awards 2023, Tim Citilink secara bergantian memaparkan sejumlah strategi digital berikutnya yang telah dijalankan Citilink dalam beberapa tahun terakhir, utamanya untuk mendukung bisnis perusahaan
Di aspek Solusi Produk Digital Pelanggan, Citilink telah menghadirkan ekosistem, antara lain: Middleware API, E-Commerce Platform, Loyalty System, Chatbot & Messaging Automation, Corporate Partner Platform, dan In Flight Entertainment.
Dilihat dari statistik yang ada, semua solusi Solusi Produk Digital Pelanggan tersebut mencatat angka yang meningkat.
Untuk internal Citilink, telah tersedia rangkain Solusi Produk Digital Operasional seperti Hellociti An Employee Mobile Platform, Fuel Efficiency Platform, Baggage Tracing Platform, E – Aircraft Flight Log, Aircraft Monitoring, dan COMMANDO Platform.
Semua solusi tersebut bermanfaat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional perusahaan seperti penggunaan kertas dan biaya sewa storage. Produktivitas karyawan dan keakuratan data juga turut meningkat.
Dalam pemanfaatan teknologi terkini, Citilink pun telah memanfaatkan Data Analytic & Visualization, yang mengolah data dan menampilkannya berupa solusi digital: Highlight, Sales Data Analytic, Flight Rotation Data Analytic, Route Profitability Data Analytic, dan Fuel Management Dashboard.
Pengolahan data tersebut dapat meningkatkan secara siginifikan tingkat produktivitas dan mendukung pengambilan keputusan seperti penentuan rute pesawat, penetapan harga tiket.
Keamanan Teknologi Informasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi pun menjadi perhatian utama dalam Strategi Digital Citilink dengan praktek-praktek yang selaras dengan standar internasional.
Untuk Keamanan Teknologi Informasi, misalnya, Citilink telah mengembangkan arsitektur keamanan teknologi, dengan teknologi yang digunakan, kegiatan monitoring, dan membuat roadmap-nya.
Sedangan IT Governance menjadi salah satu unsur penting yang membentuk struktur organisasi IT Citilink, beserta alur mekanisme proses yang terkait terkait satu sama lain.
Seluruh strategi digital Citilink tersebut menggunakan panduan yang tertuang dalam IT Master Plan tahun 2023-2027.
“Keunggulan TI Citilink pun menjadi acuan bagi industri sejenis di kawasan Asia,” tutup Arief.