ItWorks
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto
No Result
View All Result
ItWorks
No Result
View All Result

TOP Digital Awards 2022: Terapkan Open Banking API, Ini Transformasi Digital Bank Jambi

redaksi
7 November 2022 | 15:30
rubrik: Digital, E-Gov, Event
TOP Digital Awards 2022: Terapkan Open Banking API, Ini Transformasi Digital Bank Jambi
Share on FacebookShare on Twitter

Penulis: Busthomi

Proses transformasi digital di PT Bank Pembangunan Daerah Jambi (Perseroda) terus menujukan perkembangan positif. Beberapa aplikasi pun banyak dikembangkan dari tahun ke tahun. Kendati Bank Jambi tidak menasbihkan diri sebagai Bank Digital, namun digitalisasinya boleh dibilang bagus.

Apalagi memang, seperti disebutkan oleh Khairul Suhairi, SE selaku Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Jambi, saat ini Bank Jambi sudah menerapkan open Banking berbasis API (Application Programing Interface). Open banking merupakan layanan keuangan yang menggunakan teknologi API. Sistem ini memungkinkan aplikasi pihak ketiga terintegrasi dengan layanan perbankan dan data nasabah secara aman.

“Dan ini (open banking API) menjadi salah satu kebanggaan kami. Dengan kami yang sudah mendapat open banking API ini, artinya kita bisa meng-create sendiri oleh tim IT kami dan tinggal bisa di-interface di system core banking kami. Dan itu luar biasa,” terang dia saat mengikuti proses penjurian TOP Digital Awards 2022 yang digelar Majalah IT Works, pada Selasa (1/11/2022) lalu secara virtual.

Dalam proses penjurian ini, dirinya ditemani oleh Nurhadi selaku Pemimpin Divisi Teknologi Informasi Bank Jambi, lalu Rangga Sasmita sebagai Kabid Operasional TI Bank Jambi dan Fardinal Maidoni sebagai Off. Senior Web Programing Bank Jambi.
Disebut Khairul, Bank Jambi bukanlah bank besar. Saat ini bank ini memiliki size yakni dengan modal inti di angka Rp1,8 triliun, asset mencapai Rp14 triliun, dan laba perseroan hingga Oktober 2022 lalu sebesar Rp365 miliar.

Kendati begitu, dia bilang “Kami tetap ingin menyejajarkan dengan bank-bank besar baik bank Himbara maupaun bank umum nasional dalam hal digitalisasinya. Kami memang bukan bank digital, namun kami berusaha menjadi hybrid bank. Yakni, kami masih ada layanan bank konvensional, namun kami juga menjalankan tranformasi digital dalam membantu layanan perbankan yang inklusif di Jambi. Terutama masyarakat yang berada di remote area.”

BACA JUGA:  Hyundai Bluelink, Teknologi Connected Car Service untuk Stargazer

Untuk itu, disebutkannya, ada beberapa aplikasi yang dikembangkan Bank Jambi untuk mengarah ke implementasi hybrid bank tadi. Salah satunya Instan Loan.

“Menurut kami, Bank Jambi merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia dimana pinjaman ASN itu bisa diakses melalui mobile banking yang sudah terkoneksi ke system penggajian ASN. Jadi ini juga bentuk system layanan pinjaman dari debitur ASN yang mengurangi secara tatap muka,” jelas Khairul. “Jadi teman ASN itu bisa mengajukan kredit itu melalui aplikasi tadi tak lagi melalui tatap muka.”

Selanjutnya, Bank Jambi juga sudah mengembangkan CMS atau cah management system. Ini untuk membantu Pemda dalam rangka menyukseskan proram cashless yang selaras dengan program Bank Indonesia (BI). Melalui aplikasi CMS ini, jadi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) itu dikasih aplikasi dengan fitur seperti mobile banking, sehingga mereka bisa melakukan transaksi pembukuan maupun transaksi pembayaran melalui aplikasi. “Yakni mereka (SKPD) itu bisa langsung mengakses di cash manajemen system tadi,” tuturnya.

Tata Kelola IT
Dalam hal tata kelola dan kebijakan IT di Bank Jambi ini, perusahaan sudah melakukan banyak hal. Antara lain memiliki IT master plan, kebijakan IT perusahaan, membangun digital culture di peruusahaan, hingga adanya manajemen pengembangan aplikasi atau solusi bisnis.

Terkait master plan IT, Bank Jambi membaginya dalam empat hal yakni, Foundation Building, dalam hal ini, membangun proses pendukung seperti Tata Kelola dan Pengendalian Internal, disertai dengan Kualitas SDM TI dan Perencanaan Infrastruktur yang baik.

Lalu Technology Enhancement (IT Infrastructure & Application), berupa menyediakan dan mengembangkan seluruh infrastruktur TI dan Aplikasi untuk meningkatkan kualitas layanan TI. Selanjutnya, Technology Enhancement (Service & E-Channel), yakni proaktif dalam memenuhi kebutuhan Pemerintah Daerah dan nasabah umum melalui pengembangan layanan dan Channel untuk kemudahan dalam bertransaksi dimana saja dan kapan saja.

BACA JUGA:  TOP Digital Awards 2022: Prima Armada Raya Genjot Digitalisasi untuk Perluasan Pasar

“Dan keempat, Service Optimisation yakni peningkatan kualitas layanan teknologi informasi dengan menjaga konsistensi dari kualitas layanan,” tegas Nurhadi, menambahkan.

Lebih jauh Nurhadi menegaskan, dalam mengembangkan solusi bisnis IT tersebut, menurut dia, ada beberapa aplikasi yang sudah dikembangkan Bank Jambi. Antara lain, Mobile Banking Bank Jambi (2017), berupa layanan perbankan yang dapat di akses melalui device mobile yang bermanfaat meningkatkan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan status Bank Jambi di mata nasabah.

Lalu ada juga Smart Branch System (2018). Ini berupa layanan mandiri untuk nasabah melakukan setor dan tarik tunai serta transfer. Dengan fitur unggulan bisa melakukan transaksi Real Time Gross Settlement (RTGS) dan Sistem Kliring Nasional (SKN). “Ini dapat mempercepat layanan dan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi,” katanya.

Selanjutnya, ada Channel 9 (2020) yakni program digitalisasi bagi individu, UMKM, & pelaku industri/bisnis di Provinsi Jambi. Dengan fitur unggulan berupa aplikasi pesantren, aplikasi warung (Mpos/Laku Pandai), koperasi. Sehingga dengan aplikasi ini perusahaan mendapatkan dana murah dari nasabah. Dan bagi nasabah tentu saja dapat membantu pera pelaku industri/UMKM dan pesantren dalam mengelola administrasi keuangan.

Kemudian, ada Agen 9 (2019) ini layanan inklusi Laku Pandai Bank Jambi (Program OJK) dengan fitur unggulannya adalah setor & tarik tunai, pembukaan Rekening BSA, pembayaran dan pembelian. Dan tentu saja bermanfaat berupa memberikan Fee Base Income bagi perusahaan serta bagi nasabah berupa mempermudah layanan tanpa harus datang ke kantor.

Membanggakan
Dalam transformas digital di Bank Jambi ini, kata Nurhadi, ada beberapa hal yang membanggakan, yakni:

  • Branch Digitalization(Smart Branch System, KIOSK, Customer on Boarding) adalah kumpulan proses perbankan yang menggunakan proses digital dalam pengoperasiannya. Adanya SBS, COB, dan KIOSK.
  • BOST : Bank Jambi Original Scoring Tools adalah aplikasi kredit untuk mendapatkan nilai scooring data debitur apakah dapat dipertimbangkan atau tidak dapat dipertimbangkan dalam proses pengajuan kredit baik konsumtif maupun produktif.
  • SIMPEG : Sistem Informasi Manajemen Pegawai, merupakan aplikasi yang dikembangkan secara internal dan terintegrasi dengan aplikasi KPI (Key Performance Indicator) yaitu penilaian kinerja pegawai.
  • FLPP Bank Jambi adalah aplikasi pengajuan dana KPR Subsidi ke PPDPP Kementerian PUPR secara Host to Host baik konvensional maupun syariah.
  • Presensi 9 adalah aplikasi absensi secara digital berbasis mobile apps dengan menggunakan finger print dan face detection.
  • Electronic Payment Solution (EPS) adalah aplikasi pembayaran PBB secara kolektor.
  • Aplikasi Risk Based Bank Rating (RBBR) adalah aplikasi untuk mengukur tingkat kesehatan Bank.
  • Aplikasi Safe Deposit Box (SDB) adalah Aplikasi untuk management SDB nasabah Bank Jambi.
  • Aplikasi Daftar dan Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap adalah aplikasi untuk menghitung penyusutan aset tetap Bank.
  • Aplikasi Collecting adalah aplikasi untuk mengumpulkan dana tabungan pedagang pada pasar tradisional secara door to door.
  • Aplikasi Manajemen Surat Bank Jambi adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu dalam proses pembuatan surat menyurat dan pengarsipan secara elektronik.
  • Virtual Account Bank Jambi adalah sistim yang membantu dalam proses pembayaran.
BACA JUGA:  TOP Digital Awards 2022: Smart City Bangka Selatan Dukung Sektor Pendidikan dengan PPDB Online
Tags: Bank JambiTOP Digital Awards 2022
Previous Post

TOP Digital Awards 2022: Djuara Mobile Wujudkan Bank Djoko Tingkir Jadi BPR Go Digital

Next Post

Dukung Pengendalian Climate Change , Moduit Ikut Pasarkan ST 009

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOP DIGITAL AWARDS

Hanwha Life)

Terus Berinovasi, Hanwha Life Raih Golden Star Trophy di TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
23 December 2024 | 19:00

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

BPJS Kesehatan Sabet Golden Trophy TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
14 December 2024 | 23:19

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Kazee Digital Indonesia Borong Dua Penghargaan di Ajang TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 21:25

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Kesia Raih Penghargaan Bintang 4 TOP Digital Awards 2024

Ahmad Churi
6 December 2024 | 06:35

Sharing Session TOP Digital Awards 2024

TOP Leader Berbagi Kisah Sukses Digitalisasi di Sharing Session TOP Digital Awards 2024

Teguh Imam Suyudi
5 December 2024 | 17:00

Load More

TERPOPULER

  • Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    Amar Bank: “Layanan Bank Digital Bukan Hanya untuk Menambah Jumlah Nasabah, yang Terpenting untuk Edukasi Keuangan”

    1 shares
    Share 0 Tweet 0
  • TOP Digital Awards 2024: Digitalisasi dan Inovasi Bank Jateng Dukung Pembangunan Ekonomi Daerah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Cara Mudah Mengurus Surat Pindah Domisili secara Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Begini Cara Bikin Paspor Pakai Aplikasi M-Paspor

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Resmi! Ini Susunan Lengkap Petinggi Indosat Ooredoo Hutchison

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
iklan bni

ICT PROFILE

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Cloudera Tunjuk Leo Brunnick Jadi Chief Product Officer

Fauzi
28 March 2025 | 14:00

Cloudera, platform true hybrid untuk data, analitik dan AI, mengumumkan penunjukan Leo Brunnick sebagai Chief Product Officer, hari ini (28/3/2025)....

Nutanix Tunjuk Jay Tuseth Jadi Vice President & General Manager APJ

Nutanix Tunjuk Jay Tuseth Jadi Vice President & General Manager APJ

Fauzi
19 March 2025 | 16:00

Perusahaan komputasi hybrid multicloud, Nutanix, memberikan pengumuman terkait ditunjuknya Jay Tuseth sebagai Vice President dan General Manager Asia Pasifik dan...

EXPERT

Pemilu dan Pandemi Bikin Ransomware Jadi Ancaman Serius

Risiko Keamanan Siber Terkait Situasi Perang Tarif AS

Ahmad Churi
21 April 2025 | 10:58

Oleh Roman Dedenok, Pakar Keamanan Kaspersky Threat Research Selama periode ketidakpastian ekonomi, baik yang disebabkan oleh tarif, peristiwa geopolitik, atau...

INATEX-INDO INTERTEX 2025 Hadirkan Beragam Inovasi Produk Dan Teknologi Baru

INATEX-INDO INTERTEX 2025 Hadirkan Beragam Inovasi Produk Dan Teknologi Baru

Ahmad Churi
15 April 2025 | 16:38

Jakarta,ItWorks- Peraga Expo kembali menyelenggarakan pameran INATEX-INDO INTERTEX 2025 yang resmi dibuka hari ini (15/04) di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Beragam...

TIK TALKS

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

Stephanus Oscar – Data Center dengan Kapasitas 6 Megawatt di Jakarta | It Works Podcast #5

redaksi
16 August 2022 | 15:30

Di masa akan datang banyak aplikasi yang akan membutuhkan low latency connectivity. Lalu apa kaitannya dengan Edge DC yang hadir...

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

Edward Samual – Memproses Data dari Hulu Sampai Hilir | It Works Podcast #4

redaksi
15 August 2022 | 12:30

Bagaimana cara mengolah Big Data sehingga dapat divisualisasikan, serta bagaimana dapat melakukan analitik dan dapat memprediksikan apa yang harus dilakukan...

  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Email

Itworks - Inspire Great & Telco for Business Performance | All Rights Reserved

  • Home
  • TOP Digital Awards
  • Business Solution
  • Telco
  • Digital
  • E-Gov
  • Product
  • Forti
  • TIK Talks
  • More
    • Expert
    • ICT Profile
    • Fintech
    • Research
    • Tips & Trick
    • Event
    • Foto